Jumat, 24 Mei 2013

laporan



I.       PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang
Mencuci piring merupakan aktivitas rutin yang tidak bisa dihindari. Oleh sebab itu, Anda tentu harus sering membeli sabun untuk cuci piring. Sabun cuci piring cenderung boros dan memberikan hasil yang kurang memuaskan. Jika Anda ingin berhemat dalam membeli sabun cuci piring dan mendapatkan hasil yang memuaskan, sunlight merupakan pilihan terbaik dari sekian banyak sabun cuci piring yang ada di pasaran. Sunlight telah menjadi sabun cuci piring terbaik di Indonesia selama bertahun tahun dan selalu memberikan inovasi dari waktu ke waktu untuk mempermudah aktivitas cuci piring dan memberikan hasil cuci piring yang lebih baik daripada sabun cuci piring lainnya.
Atas dasar keragaman produk-produk yang ada, maka di sini penulis akan mencoba meneliti seberapa besar tingkat motivasi konsumen dalam memilih dan membeli produk Sunlight di antara persaingan yang ada. Adapun judul penelitian ini adalah “Motivasi dan Kebutuhan Konsumen dalam Pembelian Produk Sunlight di Wilayah Desa Margoyoso Kecamatan Kalinyamatan Jepara”.

B.     Tujuan Penelitian
1.   Untuk mengetahui persepsi konsumen terhadap keputusan membeli produk Sunlight.
2.   Untuk mengetahui besarnya pengaruh  motivasi dan kebutuhan konsumen terhadap pembelian yang dilakukan konsumen.







II.       LANDASAN TEORI
Teori Motivasi Dan Kebutuhan



Kebutuhan menurut maslow dapat dilihat melalui bagan berikut.
HIRARKI KEBUTUHAN MASLOW

Dr. Abraham Maslow, adalah seorang pakar psikolog klinis yang memperkenalkan teori kebutuhan berjenjang yang dikenal sebagai teori Maslow atau Hirarki kebutuhan manusia (Maslow’s Hierarchy of Needs). Maslow mengemukakan lima kebutuhan manusia berdasarkan tingkat kepentingan mulai dari yang paling rendah, yaitu kebutuhan biologis (physiological or biogenic needs) sampai paling tinggi yaitu kebutuhan psikogenik (pshycogenis needs). Menurut teori Maslow, manusia berusaha memenuhi kebutuhan tingkat rendahnya dahulu sebelum memenuhi kebutuhan yang lebih tinggi. Konsumen yang telah bisa memenuhi kebutuhan dasarnya, maka kebutuhan lainnya yang lebih tinggi biasanya muncul, dan begitulah seterusnya.
a.        Kebutuhan Fisiologis (Pshysiological Needs)
Kebutuhan fisiologis adalah jenis kebutuhan dasar manusia, yaitu kebutuhan tubuh manusia dalam mempertahankan hidupnya. Kebutuhan fisiologis meliputi makanan, air, udara, rumah, pakaian, seks, dll. Manusia tidak akan bertahan hidup tanpa  terpenuhinya kebutuhan fisiologis. Seorang Ekonom yang bernama Engel Yaitu kebutuhan tubuh manusia untuk mempertahankan hidup. Engel “semakin sejahtera seseorang maka semakin kecil persentase pendapatannya untuk membeli makanan.”
b.      Kebutuhan Rasa Aman (Safety Needs)
Adalah merupakan kebutuhan tingkat kedua setelah kebutuhan dasar. Ini merupakan kebutuhan perlindungan bagi fisik manusia.
c.       Kebutuhan Sosial (Social Needs atau Belonginess Needs)
Setelah kebutuhan dasar dan fisik terpenuhi, manusia membutuhkan rasa cinta dari orang lain, rasa memiliki dan dimiliki, serta diterima oleh orang disekelilingnya.
d.      Kebutuhan Ego (Egoistic or Esteem Needs)
Kebutuhan ego atau esteem adalah kebutuhan tingkat keempat, yaitu kebutuhan untuk berprestasi sehingga mencapai derajat yang lebih tinggi dari yang lainnya. Manusia tidak hanya puas dengan telah terpenuhinya kebutuhan dasar, rasa aman dan social. Manusia mempunyai ego yang kuat untuk bisa mencapai prestasi kerja dan karir lebih baik untuk dirinya maupun lebih baik dari orang lain.
e.       Kebutuhan Aktualisasi Diri (Need for self-Actualization)
Derajat tinggi atau kebutuhan kelima adalah keinginan dari seorang individu  untuk menjadikan dirinya sebagai yang terbaik sesuai dengan potensi dan kemampuan yang dimilikinya.

III.    METODOLOGI PENELITIAN
a.       Metode Penelitian
Metode yang diterapkan dalam penelitian ini adalah metode dengan menggunakan teknik survei, yaitu metode penelitian yang bertujuan untuk mengumpulkan data serta mempelajari gejala atau fenomena sosial dengan jalan meneliti variabel-variabel penelitian yang dilaksanakan. Metode survei yang digunakan adalah penyebaran kuesioner.
b.      Jenis Penelitian
Atas pertimbangan tujuan penelitian, maka penelitian ini bersifat deskriptif dan verifikatif. Penelitian deskriptif adalah penelitian yang bertujuan untuk mendapatkan  deskripsi / gambaran tentang ciri-ciri variabel, sedangkan penelitian verifikatif bertujuan untuk menguji kebenaran dari suatu hipotesis, dimana dalam penelitian ini yang akan diuji adalah pengaruh keputusan pembelian produk jenang mubarok kudus terhadap loyalitas konsumsi para konsumen.
Apabila ditinjau dari segi investigasi, penelitian ini termasuk penelitian kausal, yaitu penelitian yang bertujuan untuk melihat pengaruh antara satu variabel terhadap variabel lainnya.
c.       Populasi dan sampel
Dalam penelitian ini penulis meneliti berdasarkan populasi yang ada di wilayah Desa Margoyoso Kecamatan Kalinyamatan Jepara dengan mengambil 20 orang konsumen yang sudah berumah tangga  dari berbagai usia sebagai sampel untuk mengisi kuesioner.
d.      Metode penarikan sampel
Dalam penelitian ini, metode penarikan sampel yang digunakan yaitu teknik random sampling (sampel secara acak)
e.       Prosedur Pengumpulan data
Dalam penelitian ini, prosedur pengumpulan data yang dipergunakan adalah :
1.      Mengumpulkan  data  primer  dengan  jalan  menyebarkan  kuesioner  kepada responden yang menjadi anggota sampel.
2.      Mencari data sekunder yang diperoleh dari berbagai sumber, baik dari literatur, artikel, dan lain-lain yang dianggap relevan dengan penelitian.


IV.    HASIL DAN PEMBAHASAN
A.    Prosedur Penilaian
No
Sangat Setuju
 (SS)
Setuju
(S)
Netral/ Ragu-ragu
(N/R)
Tidak Setuju
(TS)
Sangat Tidak Setuju
(STS)
Jumlah
1
11
9
0
0
0
20
2
6
14
0
0
0
20
3
6
13
1
0
0
20
4
8
6
3
3
0
20
5
10
10
0
0
0
20
6
7
12
1
0
0
20
7
9
11
0
0
0
20
8
2
7
5
6
0
20
9
4
14
2
0
0
20
10
4
8
3
5
0
20
11
3
10
5
2
0
20
12
2
8
5
4
1
20
13
4
13
3
0
0
20
14
0
9
4
7
0
20
15
5
10
4
1
0
20







Max
11
14
5
7
1


B.     Hasil Nilai dari Prosedur Penilaian ketika dikalikan dengan nilai nominalnya
Ketentuan Nilai sebagai berikut:
SS: 5                S: 4      N/R: 3             TS: 2                STS: 1



No
Sangat Setuju
Setuju
Netral/ Ragu-ragu
Tidak Setuju
Sangat Tidak Setuju
Jumlah
1
55
36
0
0
0
91
2
30
56
0
0
0
86
3
30
52
3
0
0
85
4
40
24
9
3
0
76
5
50
40
0
0
0
90
6
35
48
3
0
0
86
7
45
44
0
0
0
89
8
10
28
15
12
0
65
9
20
56
6
0
0
82
10
20
32
9
10
0
71
11
15
40
15
4
0
74
12
10
32
15
8
1
66
13
20
52
9
0
0
81
14
0
36
12
14
0
62
15
25
40
12
2
0
79







Max
55
56
15
14
1


C.     Tahap Terakhir Penilaian (Prosentase Nilai)
Pada tahap ini perhitungannya diambil dari hasil nilai tahap B yaitu nilai responden (SS/S/KS/TS): jumlah X 100%
No
Sangat Setuju
Setuju
Netral/ Ragu-ragu
Tidak Setuju
Sangat Tidak Setuju
Jumlah
1
60,4%
39,6%
0
0
0
100%
2
34,9%
65,1%
0
0
0
100%
3
35,3%
61,2%
3,5%
0
0
100%
4
52,6%
31,6%
11,8%
4%
0
100%
5
55,6%
44,4%
0
0
0
100%
6
40,7%
55,8%
3,5%
0
0
100%
7
50,6%
49,4%
0
0
0
100%
8
15,4%
43,1%
23,1%
18,4%
0
100%
9
24,4%
68,3%
7,3%
0
0
100%
10
28,1%
45,1%
12,7%
14,1%
0
100%
11
20,3%
54%
20,3%
5,4%
0
100%
12
15,2%
48,5%
22,7%
12,1%
1,5%
100%
13
24,7%
64,2%
11,1%
0
0
100%
14
0
68,1%
19,3%
22,6%
0
100%
15
31,7%
50,6%
15,2%
2,5%
0
100%







Max
60,4%
68,3%
23,1%
22,6%
1,5%


ANALISIS HASIL PROSENTASE

Melihat hasil prosentase mengenai motivasi dan kebutuhan konsumen terhadap produk Sunlight  di wilayah Desa Margoyoso kecamatan Kalinyamatan Jepara kini diketahi bahwa :
Ø  60,4% responden sangat setuju dengan pernyataan bahwa produk Sunlight membuat peralatan dapur menjadi bersih maksimal.
Ø  68,3% menyatakan setuju mengenai pernyataan bahwa Teman atau kerabat juga menggunakan Produk Sunlight.
Ø  23,1% menyatakan Netral/Ragu-ragu bahwa promosi produk sunlight yang dilakukan menarik.
Ø  22,6% menyatakan tidak setuju karena terdorong untuk menggunakan Produk Sunlight seperti di Iklan.
Ø  Sedangkan 1,5% sangat tidak setuju bahwa akan tetap setia kepada produk sunlight meski harganya lebih mahal dari produk jenis lain.



Jadilah Agen 1000 Sunlight
Ajak Keluarga Dan Kerabat Anda
Dengan Produk Sunlight Anda Bisa Bersosialisasi dengan Kerabat Anda..,,,


Jadi dari hasil penelitian dengan prosentase terbesar diperoleh bahwa mengenai motivasi dan kebutuhan konsumen terhadap produk Sunlight ini sangat signifikan dimana 68,3% konsumen mengkonsumsi Sunlight bahwa teman atau kerabat juga menggunakan produk sunlight.


V.           PENUTUP
Berdasarkan hasil penelitian terhadap motivasi minat konsumen tersebut dapat disimpulkan bahwa produk  Sunlight bisa diterima dan  memenuhi minat konsumen luas.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar